Senin, 31 Agustus 2009

Rencana pelaksanaan Pembelajaran KTSP bahasa Inggris untuk SMA kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan pendidikan : SMA Negeri 6 Tasikmalaya
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 10
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tidak tutur : menyampaikan permohonan.
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyampaikan permohonan.
Indikator
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pemohonan.
- Merespon tindak tutur menyampaikan permohonan.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menyampaikan permohonan.
- Menggunakan tindak tutur menyampaikan permohonan.
- Melakukan percakapan interpersonal


I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengenali dan memahami tindak tutur menyampaikan permohonan
- Siswa mampu memberikan respon untuk menyampaikan permohonan.
- Siswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur menyampaikan permohonan.
- Siswa mampu menggunakan tindak tutur menyampaikan permohonan dalam percakapan sehari-hari.
- Siswa mampu berkomunikasi secara aktif dalam menggunakan ungkapan-ungkapan menyampaikan permohonan.
II. Materi ajar
- Ungkapan-ungkapan menyampaikan permohonan
E.g: - May I use your… ?
- Can I borrow your…?.
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan menyampaikan permohonan. (lampiran 1)
- Mengikuti ucapan guru ( repeatation drill )
- Mendiskusikan tindak tutur yang didengar
- Mengklasifikasikan tindak tutur menyampaikan permohonan.
*MOT
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan menyampaikan permohonan dengan lebih seksama (lampiran 2).
- Mengidentifikasi makna yang didengar.
*JCOT
- Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok (lampiran 3).
- Membuat dialog secara berpasangan menggunakan tindak tutur menyampaikan permohonan.
*ICOT
- Mendemonstrasikan dialog tersebut di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- English Speaking 1, A Text Book for Teaching English Speaking in English Department, Siliwangi University.
- Wall Chart
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir

LAMPIRAN
Lampiran 1
John : Oh hello, Thomas. Could I use your telephone for a minute?
Thomas : Of couerse
John : Thank you. And is that the morning paper?
Thomas : Yes, it is.
Jhon : May I borrow it?
Thomas : I’m sorry, I haven’t finished reading it yet.
Jhon : Oh, that’s okay.
Lampiran 2

1. X : Can you pass the soybean sauce, please
Y : Yes, certainly. Here you are.

2. A : Can you lend me your phone?
B : No, I’m afraid not. I am using it.

3. X : Woud you come in and sit down, please?
Y : Thank You. I would

4. A : Could you please pass the water?
B : Yes, sure.

5. X : Would you mind lending me 100.000 rupiahs, please?
Y : I’m sorry . I have no money.

Lampiran 3

Choose phrases from the column on the right to complete these dialogue
1.
You’re welcome Not at all
Not at the moment Sure

* A : Are you using your camera?
B :……………………………..
A : Do you mind if I borrow it for
the weekend?
B :……………………………..
A : Thanks, that‘s very nice of you.
B :…………………………….
2.
Yes, now’s a good time for me Why, sure
No help your self I,m sorry I have an appointment

A : Would you be able to help me with
my homework?
B : …………………………….
A : Oh thank, could we meet at 3.00
this afternoon?
B : ………………………….....
A : Oh well could you be able to
help me now?
B : …………………………….
A : Thank a lot
.
3.
Of course Sure, help your self
I’m sorry I’m using it right now Oh, never mind then

A : Do you mind if I borrow your
calculator?
B : …………………………….
A : Oh, well Could I borrow it when
you”ve finished with it?
B : …………………………….
A : Oh, well could you be able to
help me now?
B : …………………………….
A : Thank a lot.


Answer key
1. - Not at the moment
- No at all
- You’re welcome
2. - Why sure
- I’m sorry I have an appointment
- Yes, now’s a good time for me
3. - I’m sorry I’m using it right now
- Of course
- Oh never mind then
Lampiran 4
Make a dialog using expressing request. Do it in pairs!





Tasikmalaya, November 2007

Guru Pamong


Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP.131 621 538 Praktikan


Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tidak tutur : menyatakan puas dan tidak puas.
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyatakan puas dan tidak puas.
Indikator
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
- Merespon tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
- Menggunakan tindak tutur puas dan tidak puas.
- Melakukan percakapan interpersonal.


I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengenali dan memahami tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
- Siswa mampu memberikan respon untuk menyatakan puas atau tidak puas.
- Siswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
- Siswa mampu menggunakan tindak tutur puas dan tidak puas dalam percakapan sehari-hari.
- Siswa mampu berkomunikasi secar aktif dalam menggunakan ungkapan-ungkapan menyatakan puas dan tidak puas.
II. Materi ajar
- Ungkapan-ungkapan menyatakan puas
E.g: I’m satisfied of your performance.
- Ungkapan-ungkapan menyatakan tidak puas
E.g: Sorry, I’m unsatisfiedof your result.
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan menyatakan puas dan tidak puas. (lampiran 1)
- Menjawab pertanyaan lisan dari guru. (lampiran 2)
- Mengkonfirmasi jawaban dipimpin oleh guru.
- Mendiskusikan tindak tutur yang didengar.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menyatakan puas dan tidak puas.
*MOT
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan puas dan tidak puas dengan lebih seksama.
- Mengidentifikasi makna yang didengar.

*JCOT
- Membuat dialog secara berpasangan berdasarkan situasi yang telah diberikan oleh guru. (lampiran 3)
*ICOT
- Mendemonstrasikan dialog tersebut di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir

LAMPIRAN
Lampiran 1
Waiter : Is everything O.K. here?
Man : Yes, thank you. Everithing is fine.
Waiter : Is your steak satisfactory?
Woman : Quite good.
Waiter : How about your roast beef, Ma’am? IS it O.K. too?
Woman : It’s just right. Just the way I like it.
Waiter : Will there be anything else, then?
Man : No, not at the moment.
Waiter : Very well, then. Have a nice day.
Man : Thanks.
Lampiran 2
- In the woman’s opinion, was the steak nice? What did she say?
- In the man’s opinion, was the service okay?what did he say?

Lampiran 3
Work in pairs. Create a dialog based on one of the following situasions. Perform it in front of the class.
1. You have just bought a new watch, but now it doesn’t work.
2. You have just eaten in a restourant. You really enjoyed the food.





Tasikmalaya, 15 Agustus 2007
Guru Pamong


Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP.131 621 538 Praktikan


Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 3
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tidak tutur menasehati.
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menasehati
Indikator
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menasehati.
- Merespon tindak tutur menasehati.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menasehati.
- Menggunakan tindak tutur menasehati.
- Melakukan percakapan interpersonal.


I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengenali dan memahami tindak tutur menasehati.
- Siswa mampu memberikan respon untuk memberikan nasehat.
- Siswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur menasehati.
- Siswa mampu menggunakan tindak tutur menasehati dalam percakapan sehari-hari.
- Siswa mampu berkomunikasi secar aktif dalam menggunakan ungkapan-ungkapan menasehati.
II. Materi ajar
- Ungkapan-ungkapan meminta nasehat
E.g: Can you give me some advice?
- Ungkapan-ungkapan memberi nasehat
E.g: I think you’d better…
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan menasehati. (lampiran 1)
- Mengikuti ucapan guru (repeatation drill)
- Mengidentifikasi makna kata yang didengar
- Mendiskusikan tindak tutur yang didengar.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menasehati.
*MOT
- Menerapkan ungkapan tindak tutur menasehati pada model dialog (lampiran 2)
*JCOT
- Mengerjakan tugas yang diberikan guru (lampiran 3)
- Membuat dialog berdasarkan tugas secara berpasangn (lampiran 4)
*ICOT
- Mendemonstrasikan dialog tersebut di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir
LAMPIRAN
Lampiran 1
1. Situation: A hasband and wife are talking at breakfast.
Wife : Darling, the hair-dryer I bought yesterday isn’t working. What do you think I should do about it?
Husband : Why don’t you try taking it back to the store?
Wife : Well, I was thinking of that, but don’t you think you could look at it first?
Husband : O.K., but not now. Maybe later.

2. Situation: A student is talking with her advisor.
Student : Mrs. Wilson, what do you think I should do about my chemistry class? Should I drop it or continue with it?
Mrs. Wilson : I think it be a good idea to talk with your instructor. Try talking with her about the problems, and see what she suggests.
Student : how if she says I should continue with the class?
Mrs. Wilson : Then follow her advice. She doesn’t want to fail you.
Lampiran 2
Use this model dialog
Sandra: Eve, Can I talk to you? I need your opinion about something
Are you busy? I really need some advice about a problem I have.
Do you have time?

Eve: What’s the problem?
I’m listening. What’s wrong?
Go ahead. Tell me your problem.

Sandra : (tell your problem)
Eve : (give your advice)
Lampiran 3
1. Take a piece of paper.
2. Write on the paper about a problem you have now.
3. Exchange your paper with another student beside you.
4. Now, each student writes suggestion / advice / recommendation of your friend’s problem.
Lampiran 4
Create a dialog base on the problem that you have and your friend’s advice. Do it in pairs!
Tasikmalaya, 22 Agustus 2007
Guru Pamong


Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP. 131 621 538 Praktikan


Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 4
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tidak tutur memperingatkan.
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur memperingatkan
Indikator
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan.
- Merespon tindak tutur memperingatkan.
- Mengklasifikasikan tindak tutur memperingatkan.
- Menggunakan tindak tutur memperingatkan.
- Melakukan percakapan interpersonal.


I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengenali dan memahami tindak tutur memperingatkan.
- Siswa mampu memberikan respon untuk memberikan peringatan.
- Siswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur memperingatkan.
- Siswa mampu menggunakan tindak tutur memperingatkan dalam percakapan sehari-hari.
- Siswa mampu berkomunikasi secar aktif dalam menggunakan ungkapan-ungkapan memperingatkan.
II. Materi ajar
Ungkapan-ungkapan memperingatkan
- sold out
- keep right
- no smoking
- Watch your head.
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Menjodohkan ungkapan peringatan dengan situasinya. (lampiran 1)
- Mengkonfirmasi jawaban dipimpin oleh guru
- Mengidentifikasi makna kata dari jawaban soal menjodohkan.
- Mendiskusikan tindak tutur yang didengar.
- Mengklasifikasikan tindak tutur menasehati.
*MOT
- Mendengarkan percakapan tentang ungkapan memperingatkan (lampiran 2)
- Mengidentifikasi makna kata yang didengar.
- Mendemonstrasikan percakapan yang telah diberikan secara berpasangan.
*JCOT
- Mengerjakan tugas yang diberikan guru secara berkelompok (lampiran 3)
*ICOT
- Membuat dialog berdasarkan tugas yang telah diberikan.
(lampiran 4)
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Menjodohkan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir
LAMPIRAN
Lampiran 1
Match the warnings with the situations given.
Warning Situation
1. Watch your step, please. a. Your sister has just learned how to swim.
2. Keep swimming near the seashore. b. Your friend is cheating during the test.
3. Beware of the pickpockets c. Someone is standing in the middle of the street.
4. Be careful or the teacher will catch you. d. In a crowded supermarket.
5. Look out! A car is behind you. e. Your grandma is standing on an escalator.
Answer key
1. e
2. a
3. d
4. b
5. c
Lampiran 2
Beni : What’s the matter with you?
Tony : My back aches.
Beni : Why’s that?
Tony : Well, I tried to move the piano by myself.
Beni : Mmm. It sounds as thought you’ve stained yourself.
Tony : What do you think I should do about it?
Beni : I think you’d better take it easy for a few days.
Tony : May be.
Beni : And If it’s no better then, you ought to see a doctor.

Lampiran 3
Supply the warnings for the following situations.
1. The bus driver is driving the bus in high speed. All the passengers are frightened.
2. Your bicycle’s brake suddenly does not work. You are riding on it and there are several people in front of you.
3. You have just mopped the floors. Your mother is walking on the wet floors.
4. you maid is cleaning an expensive Chinese porcelain ceramic.

Answer key
1. Please be careful. The road is slippery. You are endangering everyone’s lives in this bus.
2. Watch out! I’m losing control,move away.
3. Be careful. The floors is wet, you can be slipped.
4. Please be careful. This is expensive, don’ break it!

Lampiran 4
Choose the situation are given then make a dialogue base on the situation that you choose.










Tasikmalaya, 23 Agustus 2007
Guru Pamong


Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP. 131 621 538 Praktikan


Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 5
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
- Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
3.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
Indikator
- Membaca nyaring sebuah teks narrative.
- Mengidentifikasi struktur teks yang dibaca.
- Mengidentifikasi makna teks yang dibaca.
- Membuat ringkasan dari teks narative



I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu membaca sebuah teks dengan fasih dan benar..
- Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks yang berbentuk narrative.
- Siswa dapat memahami isi teks.
- Siswa mampu membuat ringkasan dari teks narative dengan menggunakan kata-kata sendiri.
II. Materi ajar
Teks narrative berjudul “ A Fox and A Goat”
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Membaca nyaring bermakana teks narrative secara individu. (lampiran 1)
- Mengidentifikasi strukur teks secara bersama-sama.
- Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
*MOT
- Membaca teks dengan lebih seksama.
- Mencari pikiran utama dari sebuah paragrap. (lampiran 2)
*JCOT
- Mengerjakan tugas yang diberikan guru secara berkelompok (lampiran 3)
*ICOT
- Membuat ringkasan dari teks tersebut menggunakan kata-kata sendiri. (lampiran 4)
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Membaca nyaring
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir
LAMPIRAN
Lampiran 1
A Fox and A Goat
A fox feel into a well and couldn’t get out. By and by a thirsty goat came along. Seeing the fox in the well it asked if the water was good.”Good”, said the fox.”It’s the best water I’ve tasted in all my life. Come down and try it your self.”
The goat was thirsty so he got into the well. When he had drunk enough he looked around and but there was no way to get out. Then the fox said,”I have a good idea. You stand on your hind legs and fut your forelegs againts the side of the well. Then I’ll climb on your back, from there I’ll step on your horns, and I can get out. And when I’m out I’ll help you out of the well.”
The goat did as he was asked and the fox got on his back and climbed out of the well. Then he cooly walked away. The goat called out loudly after him and reminded him of his promise to help him out. The fox merely turned to him and said, “If you only had thought carefully about getting out, you wouldn’t have jumped into the well.”
The goat felt very sad. He called out loudly. An old man walking near by heard him and put a plank into the well. The goat got out and thanked the old man.

Lampiran 2
Find out the main idea of paragraph 1 – 4!

Lampiran 3
What do the following words refer to?
1. It (line 2 paragraph 1) : ….
2. It ( line 4 paragraph 1) : ….
3. You (line 3 paragraph 2) : ….
4. I (line 6 paragraph 2) : ….
5. His ( line 3 paragraph 3) : ….
answer key
1. Goat
2. Water
3. Goat
4. Fox
5. Fox
State true (T) or false (F) based on the text!
1. The main characters in the story is a fox and a goat. (…)
2. The setting for this story is in a well. (…)
3. The goat jumps into the well because it helps a fox. (…)
4. The fox climbs on the goat’s and it can get out. (…)
5. The fox promise, if it can get out, it’ll help the goat out of the well. (…)
Answer key
1. True
2. True
3. False
4. True
5. True
Lampiran 4
Summarize the text using your own words!






Tasikmalaya, 5 September 2007
Guru Pamong


Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP. 131 621 538 Praktikan


Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 6
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
- Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
3.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
Indikator
- Merubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung.
- Membuat teks narrative singkat menggunakan kalimat langsung dan tak langsung.
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa memahami penggunaan kalimat langsung dan tak langsung.
- Siswa mampu menerapkan kalimat langsung dan tak langsung dalam sebuah text singkat.
II. Materi ajar
Teks narrative berjudul “ A Fox and A Goat”
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Menjelaskan tentang kalimat langsung dan tak langsung
*MOT
- Mempelajari teks narrative. (lampiran 1)
- Mengidentifikasi jenis kalimat dalam teks yang dibaca.(lampiran 2)
*JCOT
- Merubah kalimat langsung dalam teks kedalam bentuk tidak langsung (lampiran 3)
*ICOT
- Membuat narrative pendek yang menggunakan kalimat langsung dan tak langsung.(lampiran 4)
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir

LAMPIRAN
Lampiran 1
A Fox and A Goat
A fox feel into a well and couldn’t get out. By and by a thirsty goat came along. Seeing the fox in the well it asked if the water was good.”Good”, said the fox.”It’s the best water I’ve tasted in all my life. Come down and try it your self.”
The goat was thirsty so he got into the well. When he had drunk enough he looked around and but there was no way to get out. Then the fox said,”I have a good idea. You stand on your hind legs and fut your forelegs againts the side of the well. Then I’ll climb on your back, from there I’ll step on your horns, and I can get out. And when I’m out I’ll help you out of the well.”
The goat did as he was asked and the fox got on his back and climbed out of the well. Then he cooly walked away. The goat called out loudly after him and reminded him of his promise to help him out. The fox merely turned to him and said, “If you only had thought carefully about getting out, you wouldn’t have jumped into the well.”
The goat felt very sad. He called out loudly. An old man walking near by heard him and put a plank into the well. The goat got out and thanked the old man.
Lampiran 2
Identify the sentence type of text that include into direct or indirect speech!
Lampiran 3
Change the text into in direct speech / sentence form!
Lampiran 4
Make a short narrative text using direct and indirect speech!
Tasikmalaya, 24 Oktober 2007
Guru Pamong




Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP. 131 621 538 Praktikan




Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke- : 7
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
- Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
- Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
3.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative.
Indikator
- Memahami past perfect tense
- Memahami penerapan past perfect tense dalam text.
- Membuat kalimat dalam bentuk past perfect tense.
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa memahami penggunaan past perfect tense.
- Siswa memahami penerapan past perfect tense dalam text.
- Siswa mampu menerapkan past perfect tense dalam kalimat yang dibuatnya.
II. Materi ajar
Teks narrative berjudul “ A Fox and A Goat”
III. Metode Pengajaran
Ceramah, Mendengarkan, diskusi, merespon, praktek, tanya jawab.
IV. Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan,dan kerapihan kelas.
- Motivasi, diciptakan dengan mengajukan pertanyaan.
- Apersepsi.
B. Kegiatan Inti : * BKOF
- Menjelaskan tentang past perfect tense.(lampiran 1)
*MOT
- Mencari kalimat past perfect tense dalam text. (lampiran 2)
- Merubah kalimat tersebut ke dalam negatif/affirtmative dan interrogative form. (lampiran 3)
*JCOT
- Mengerjakan tugas dalam LKS (melengkapi kalimat). (lampiran 4)
*ICOT
- Membuat kalimat yang menggunakan past perfect tense.
(lampiran 5)
C. Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Memberikan evaluasi (homework) untuk mengetahui sejauh mana materi dikuasai siswa.
V. Sumber Bahan
- LKS “TUNTAS”
- Look Ahead An English Course 2, Penerbit ERLANGGA
VI. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Pertanyaan lisan
- Tugas kelompok
- Melengkapi kalimat
- Membuat kalimat
2. Bentuk Instrument
- Penampilan (performance)
3. Instrumen Penilaian : terlampir

LAMPIRAN
Lampiran 1
 Form of past perfect tense
- Affirmative


- Negative


- Interrogative


 using the past perfect
The past perfect expresses an activity that occurred before another time in the past., example:
I ate at noon, I was not hungry at 1.00 p.m because I had already eaten before 1.00 p.m
 The conjuntion that are usually used in this tense
- When - After
- Before - As soon as
Lampiran 2
A Fox and A Goat
A fox feel into a well and couldn’t get out. By and by a thirsty goat came along. Seeing the fox in the well it asked if the water was good.”Good”, said the fox.”It’s the best water I’ve tasted in all my life. Come down and try it your self.”
The goat was thirsty so he got into the well. When he had drunk enough he looked around and but there was no way to get out. Then the fox said,”I have a good idea. You stand on your hind legs and fut your forelegs againts the side of the well. Then I’ll climb on your back, from there I’ll step on your horns, and I can get out. And when I’m out I’ll help you out of the well.”
The goat did as he was asked and the fox got on his back and climbed out of the well. Then he cooly walked away. The goat called out loudly after him and reminded him of his promise to help him out. The fox merely turned to him and said, “If you only had thought carefully about getting out, you wouldn’t have jumped into the well.”
The goat felt very sad. He called out loudly. An old man walking near by heard him and put a plank into the well. The goat got out and thanked the old man.
Lampiran 3
Change the sentences that using past perfect in this text become another form (affirmative/negative/interrogative)
Lampiran 4
Complete the sentences with the words in parentheses use the past perfect!
1. I was not hungry I ( eat, already)
2. By the time I went to bed last nigaht I (finish,already)………………………..my home work.
3. I was late. The party (start, already)…………………………………....by the time I got there.
4. Ann missed her plane yesterday because of trafict jam on her way to the airport. By the time she got to the airport, her plane(leave, already)
5. Last night went to bed at ten o’clock.I (finish, already)...………………………my homework.
Answer key
1. I had already eaten…
2. I had already finished…
3. The party had already started…
4. her plane had already leaft….
5. I had already finished….
Choose the correct answer by crossing a, b, c, d or e!
1. After he … the story, he wrote an article about it in the paper.
a. read c. had read e. is reading
b. have read d. reads
2. Siti could stay up until 11 o’clock that night because she … for four hours in the afternoon.
a. sleep c. have slept e. to sleep
b. slept d. had slept
3. He … to the writing desk as soon as he had entered the post office.
a. go c. to go e. going
b. goes d. went

4. A: Did you meet Roni today?
B: Yes, I did. I … met him when you saw me at the station.
a. am not c. could not e. had not
b. have not b. was not
5. The film … yet when we got to the cinema.
a. didn’t c. hadn’t started e. isn’t started
b. wasn’t start d. started
answer key
1. C
2. D
3. D
4. E
5. C
Write had + past participle from the verb in the bracket!
1. She had to return home because she … (spend) almost all her money.
2. After the gardener … (cut) the grass, he arranged the flower pots in a nice circle.
3. When the boy … (finish) writing the card he put it in agreen envelope.
4. The soldier … (fight) bravely before they surrendered.
5. The pilot … (examine) the engine before he took off..
Lampiran 5
Make ten sentences using past perfect!



Tasikmalaya, 31 Oktober 2007
Guru Pamong




Dra. Hj. Dedeh Amelia
NIP. 131 621 538 Praktikan




Jemi Mulia
NIM. 042122139
Diketahui,
Kepala SMAN 6 Tasikmalaya



H. Undang Saprudin S.
NIP. 130 411 069

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar